Buku Tamu

Para tamu yang terhormat (siapapun anda tanpa terkecuali adalah tamu terhormat), sahabat dan saudara, terimalah ungkapan terimakasih yang tulus atas kesediaan saudara melangkahkan kaki memasuki pintu rumah yang sederhana ini.
Kehadiran anda di rumah ini sungguh sangat berharga dan tidak dapat dinilai dengan rupiah, emas atau materi berharga lainnya.
Kehadiran anda semua telah membuat rumah ini menjadi rumah yang hidup. Jejak yang anda tinggalkan di rumah ini membuat rumah ini menjadi lebih bermakna.
Indah sekali kita bersenda gurau di rumah ini, berbicara tentang banyak hal, tertawa, bercanda, berbagi kisah (masa lalu, kini dan masa depan), saling mengingatkan, bahkan menangis bersama.
Ijinkanlah tangan saudara menaburkan sedikit ungkapan sebagai tanda bahwa saudara pernah bertamu atau hanya sekedar mampir di rumah sederhana ini.

Silahkan mengisi buku tamu dan tinggalkan komentar Saudara!

Iklan

23 Replies to “Buku Tamu”

  1. Terima kasih buat Yani “NDP” telah sudi mampir di blog yang sangat sederhana ini. Mudah-mudahan blog ini bisa sedikit mengalihkan perhatian kita dari rutinitas, atau setidaknya membuat kita tersenyum.

    sekali lagi terimakasih
    Paber Sinaga

  2. Blognya bagus.. aku dah baca sebagian… U can explore more ur imagination.. think big yah.. masih banyak hal yang bisa dibahas.. gimana kalo bout wisata kuliner di indonesia or wisata kuliner di sumatera or dari kampung abang sendiri heheh.. maaf yah commentnya ga bagus.. semoga blognya makin ramai yah.. be blessed

  3. HORAS,

    Salam kenal ya…bangga deh lihat orang batak sukses seperti ito. Belum semua blog nya dibaca tp akan saya coba baca lg tentunya ada nilai bagus tentang hidup didalamnya. Moga makin sukses kedepanya dalam mencapai cita dan asa. HORAS, JBU

  4. Tahun lalu saya diinform PT agar melihat blog anda mengenai ultah Deka ke 14, saya jadi ikut teringat rentang waktu saya bekerja di perusahaan tersebut, kebetulan baru sekarang saya membaca hal lain di blog anda dan saya sangat terkesan dengan cara berpikir dan humanisme anda. Anda bisa melihat sesuatu dari point of view yang sangat luas tetapi detail, saya yakin pemikiran dan tulisan anda sangat berguna bagi orang banyak. SEMOGA SUKSES SELALU MENYERTAI ANDA.

  5. horas lae faber sinaga

    sudah kubaca tulisanmu , tengtang tulang Dr Armencius Munthe
    , amang simatuaku itu, akan kusampaikan semua yang lae tulis. tolong hp dan telp lae kirimkan ke emailku, agar bisa kontak seceoatnya ya. sukses lae untuk pekerjaannya. turut berdukacita atas kepergian ibunya lae.

    kalau ada waktu kita ketemu lagi

    horas

    Godbless you

    pastor richard

  6. itonan, kemarin aku terima pesan dari maria sitorus, dia jg pengen ketemu sama teman2 SMP kita, dia tinggal di Utan kayu, kalau ito ada waktu kapan2 kita ketemuan Y

  7. Terima kasih atas simpatinya. Pak Munthe yang pintar, jujur, murah hati, peduli dan penghibur itu sudah pergi meninggalkan kita untuk selama-lamanya. Semoga karya-karya pelayanan dan pengalamannya dapat menjadi motivasi bagi kita semua. Selamat jalan pak Munthe!

  8. Salam kenal Bang,

    Saya Lilie Roosman dari Universitas Indonesia, saat ini saya sedang mencari rekaman monolog (warta berita) berbahasa Batak Toba untuk keperluan penelitian saya. Saya sekarang berada jauh dari komunitas Batak Toba dan satu-satunya cara untuk mendapat rekaman suara adalah melalui internet. Saya sudah mencoba mencari dan mendapat banyak rekaman yang berkaitan dengan Batak Toba dari YouTube. Sayangnya semua rekaman tersebut berkaitan dengan musik. Saya bisa mengerti karena tradisi masyarakat Batak sangat erat dengan musik (menyanyi). Tetapi rekaman tersebut tidak bisa saya pakai karena yang saya butuhkan untuk penelitian saya adalah rekaman suara yang jelas.
    Untuk itu saya mohon bantuan anda. Apabila anda dapat memberikan informasi di mana kiranya saya dapat mengakses data monolog berbahasa Batak Toba (lebih senang melalui emai saya), saya akan sangat berterima kasih.

    Salam takzim,
    Lilie

    1. Salam kenal juga Lilie Rosman.
      Saya senag sekali dan berterimakasih banyak anda sudah mampir di blog ini. Sementara ini saya belum bisa membantu dalam mencari rekaman yang anda butuhkan, tetapi kalau saya dapat infonya, saya akan segera beri tahu anda. Namun bila anda mau, anda bisa mendapatkannya dengan cara merekam kotbah di gereja-gereja berbahasa batak toba.

      Salam,
      Paber Sinaga.

  9. Horas..
    Salam kenal Ito..
    Saya senang membaca blog ini, walaupun dengan tanpa sengaja..
    yang saya cari adalah semua yg berhubungan dengan adat batak.
    Saya ingin sekali belajar adat batak, dan berharap suatu saat saya bisa berbahasa batak.
    Saya berasal dari suku Sunda dan menikah dengan Marga Silitonga 18 thn yll.
    Tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa suatu saat jodoh saya org batak, namun saya yakin Tuhan sudah memberikan pasangan hidup untuk saya seseorang dari suku Batak. Bagi saya ini adalah anugrah yg terindah. Walaupun begitu saya berkenalan dengan keluarga suami, awalnya jantungan…karena suaranya seperti orang berantem.
    Tapi saya berusaha belajar bagaimana beradaptasi dengan keluarga suami. Saat itu dengan situasi yg sulit, karena saya dan suami muslim.
    sehingga kadang saya menyadari keberadaan saya di tengah keluarga tidak diharapkan…
    Saya tidak pernah putus asa dgn penolakan itu, saya menyadari bahwa hal yg sangat wajar mereka semua menginginkan jodoh yg terbaik utk suami sy. Dia anak lelaki pertama, yg idealnya menikah dgn sesama suku batak.
    Saya hanya mempunyai hati yg selalu positif menilai semua sikap mereka, dan berpikir suatu saat saya bisa diterima ditengah keluarga batak.
    Saya selalu datang lagi bersilaturrahim dgn klg suami, ga peduli diusir, dicuekin krn saya muslim, blm diadati. Bagi saya semua manusia sama2 ciptaan Tuhan. Apapun keyakinannya…, bagi saya yg terpenting adalah bagaimana kt bisa saling mengasihi sesama dan menghargai perbedaan itu.
    Tahun berlalu, saya semakin mengenal dan sayang dengan semuanya termasuk adat batak. Tapi itu juga hanya sebagai penonton saja karena ya itu td…saya belum diadati. belum dikasih marga. Biarinlah… yg penting saya suka.
    Bagi saya adat batak itu unik, teratur, jelas dan lengkap banget. Saya hanya menghayal….pengen banget diadati. biar kalau di pesta adat atau menghadiri acara adat tidak lagi ditulis di kertas yg menyertai ulos ” boru sunda” sementara saya tau seharusnya “boru nababan”. Hahahaha….
    Singkat cerita, setelah sekian lama saya berharap.. akhirnya saat2 itu akan terjadi. Kata suami saya kt mau mengadati….
    Saya hanya ingin ketika saya diberi marga dan diadati, hal itu bukan hanya seremonial saja. setelah itu saya tidak tau apa2.
    Bagi saya adat itu harus dilestarikan, walupun jaman sudah modern, hubungan kekerabatan tidak pernah akan terhapus oleh jaman. Kalo saya tidak tau apa2, bagaimana dengan anak saya yg jelas2 keturunan suku Batak dan bermarga bisa merasa dia orang batak. Hanya namanya aja ada marga Silitonga, cuma sekedar ” nempel” Lalu nanti kalo punya anak lagi dan keturunan seterusnya ?
    Bagaimana mau mencintai, kenal saja tidak ?
    Saya ingin sekali mengetahui informasi sejarah keturunan marga Silitonga (marga suami) dan Marga Nababan (saya kan nanti jadi Boru Nababan) dan informasi apa saja tentang adat/ tata cara adat Batak.
    Terima kasih Ito, atas bantuannya..maaf kalau ada kata yg salah.

    1. Horas juga ito, Senang sekali ito mampir di Blog ini dan meninggalkan comment.

      Membaca komentar ito, saya kagum dan salut atas keinginan ito untuk manjadi bagian dari suku batak. Saya berharap keinginan ito segera terwujud.

      Sesungguhnya menjadi orang batak itu tidaklah sulit karena sudah ada aturan yang sangat jelas yang harus diikuti, namun pada kenyataannya menjadi sulit karena banyak oknum yang membuatnya menjadi sulit, karena mereka tidak memiliki pemahaman yang lengkap mengenai adat batak itu sendiri.

      Adat batak sama seperti adat-adat yang lain bertujuan untuk mengatur hubungan antar manusia sehingga bisa berjalan dengan harmonis. Hanya saja di adat batak aturannya lebih detail. Misalnya dengan adanya marga orang batak jadi tau posisinya dalam sebuah hubungan dengan orang lain. Dengan adanya silsilah orang batak jadi tau garis keturunannya mulai dari generasi pertama sampai kepada generasinya. Adat batak mengatur hak dan kewajiban setiap individu secara jelas dan yang lainnya.

      Namun yang terpenting di dalam adat batak itu adalah kasih. Segala sesuatu dalam adat batak itu harus didasari oleh kasih dan ini yang sering dilupakan oleh banyak orang batak, sehingga ada kasus seperti yang ito alami.

      Sekali lagi selamat datang menjadi bagian dari suku batak. Mudah2han ito bisa menjadi pencerah bagi banyak orang batak yang lain.

      Horas.
      Paber Sinaga.

  10. salam kenal ito..
    maap setahun sudah baru balas postingan ito di buku biografi Pdt.Cyrellus Simanjuntak..
    mauliate godang ito sudah baca biografi opungku πŸ™‚

  11. Horas abang
    saya Hariando Sinaga
    sebelumnya terimakasih atas isi blognya.
    ngak nyangka sekali, ternyata ada banyak sekali marga batak
    bahkan ada yang belum pernah saya dengar
    hehehehe
    kok isa yah abang dapat semuanya yah?
    πŸ˜€
    abang ni pasti cinta batak
    salut dah ma abng
    thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s