Arisan Op.Mujur

Kemarin hari Minggu tanggal 25 April 2010, kembali kami keturunan Op. Mujur Sinaga yang tinggal di Jabodetabek mengadakan arisan. Arisan ini kami sebut dengan arisan keluarga besar Op.Mujur. Kali ini arisan diadakan di rumah A. Rebekka yang terletak di belakang kantor kelurahan Serdang, kecamatan kemayoran.

Kalau saya tidak lupa, arisan ini mulai dibentuk sekitar tahun 2004, dengan ketua Juston Sinaga [A. Kristono Sinaga], sekretaris Nainggolan [A. Benni nainggolan] dan bendahara Anton Silitonga [A. Roni Silitonga]. Arisan pertama diadakan di rumah Juston Sinaga yang beralamat di jalan Taruna pulogadung. Waktu itu yang ikut arisan ini adalah:
1. Keluarga A. Kristono Sinaga [Pulogadung]
2. Keluarga A. Roni Silitonga [Pulogadung]
3. Keluarga A. Elia Damanik [Pulogadung]
4. Keluarga op. Gita Siregar [Cempaka putih]
5. Keluarga A. Benny Nainggolan [d/h Cempaka Putih, sekarang di Cikunir]
6. Keluarga A. Christoper Sinaga [Halim]
7. Keluarga A. Raphael Hutapea [ Rawalumbu Bekasi]
8. Keluarga Ances Simbolon [Cempaka Putih]
9. Paber Sinaga [Pulogadung, dulu belum menikah, sekarang sudang menikah tinggal di Bekasi]
Dalam perkembangannnya, ada anggota yang bertambah yaitu:
1. Keluarga A. Pragita Siregar [Bekasi]
2. Keluarga A. Rebekka [Kemayoran]
3. Keluarga Novel Sinaga [Bekasi]
Namun ada juga anggota yang berkurang yaitu:
1. Keluarga A. Elia Damanik [Pulogadung]
2. Keluarga Ances Simbolon [Cempaka Putih]
Jadi sampai hari ini ada sepuluh keluarga yang aktif mengikuti arisan Op.Mujur ini.

Perlu saya jelaskan disini, sejak awak sudah disepakati bahwa siapa saja keturunan Op.Mujur Sinaga yang tinggal di Jabodetabek merupakan anggota dari punguan ini, walaupun dia tidak ikut arisan, karena arisan bukan sebuah keharusan, tetapi diharapkan.

Kegiatan utama dari kumpulan ini adalah arisan yand dilaksanakan sekali sebulan, tepatnya setiap hari Minggu, minggu ke empat atau hari lain sesuai dengan kesepakatan. Tempat arisan diadakan di rumah anggota secara bergantian sesuai dengan kesepakatan. Dalam arisan ini dilakukan pengumpulan uang arisan [awalnya sebesar Rp 50.000,-/kk, namun sekarang ditingkatkan menjadi Rp. 100.000,-/kk], makan bersama dan kebaktian singkat. Khusus kebaktian singkat ini belum bisa disiplin. Sering kali kami tidak melakukannya, dan kalaupun kami melakukannya, masih seringa dalam keadaan terpaksa.

Selain arisan, kumpulan ini juga melakukan kepedulian sosial kepada anggota, misalnya bantuan sosial untuk anggota yang mengalami musibah. Punguan juga memberikan sekedar tuppak atau kado untuk anggota yang mengadakan pesta. Dan kegiatan lainnya sesuai dengan kesepakatan.

Alasan utama kumpulan ini dibentuk adalah kenyataan yang menunjukkan bahwa sudah ada banyak keturunan Op. mujur yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Keadaan jakarta yang super sibuk, jalanan yang macet dan banyak alasan lain menyebabkan sesama keturunan Op. Mujur tersebut sangat jarang bertemu. Kalaupun bertemu, sangat jarang semuanya sekali bertemu. Karena alasan tersebut dipikirkanlah suatu cara agar keturunan Op. Mujur tersebut bisa berkumpul minimal sekali dalam sebulan. Adapun cara yang paling praktis dan banyak dipilih orang lain adalah dengan mengadakan arisan.

Setelah terbentuk arisan ini, yang tadinya jarang bertemu, minimal sekali sebulan sesama keturunan Op.Mujur sudah bertemu, bahkan sebelumnya ada yang belum kenal, sekarang sudah saling kenal. Informasi juga semakin cepat diperoleh.

Iklan

One Reply to “Arisan Op.Mujur”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s