Mungkin (kapan) kah Ada Sebuah Film Berlatar belakang Danau Toba dan Tanah Batak…?

tano toba

Ketika Film layar lebar berjudul Laskar Pelangi di putar di bioskop-bioskop, para penonton beramai-ramai membeli tiket.  Film Laskar Pelangi diangkat dari sebuah novel laris yang mengambil latar belakang pulau belitung. Mungkin bahkan pasti sebelum adanya film dan novel Laskar Pelangi, pulau belitung merupakan daerah yang sangat asing dan tidak dihiraukan banyak orang. Tetapi setelah Film Laskar Pelangi menghiasi layar-layar bioskop, pulau belitung tiba-tiba sangat terkenal, tiba-tiba menjadi buah bibir banyak orang, tiba-tiba beritanya menyebar bagaikan firus ke seluruh penjuru Nusantara bahkan dunia.

Laskar pelangi telah sukses memperkenalkan pulau belitung, sebuah pulau kecil di selat karimata, di ujung laut cina selatan. Namun di lain pihak film ini juga sukses secara komersil yang mampu meyedot lebih dari lima juta penonton. Sebuah penjualan yang luar biasa. Dari sisi kwalitas film juga tidak kalah. Barbagai penghargaan diperoleh di dalam dan di luar negeri. Bahkan film ini memjadi salah satu film yang menjadi favorit di berbagai festival film dunia.

Maaf… saya tidak mau memuja-muja film Laskar Pelangi, tetapi saya mau mengatakan bahwa sebuah film dapat menjadi media yang sangat efektif untuk menyuarakan sesuatu apakah itu peristiwa, orang, tempat, budaya, kisah atau apa saja tanpa harus mengorbankan sisi komersial dan nilai seni film itu.

Aku jadi berpikir seandainya ada produser dan sutradara yang mau membuat film dengan setting dan latar belakang danau toba dan tano batak, mungkin juga akan mampu menyuarakan danau toba dan tanah batak ke penjuru dunia.

Danau toba memiliki banyak sisi dan sudut-sudut yang indah untuk diangkat ke layar lebar. Gunung-gunung yang tinggi, air danau yang terhampar luas, lekuk-lekuk bukit batu menjadi latar yang mempesona. Budaya masyarakat lokal dengan upacara adatnya, tari tor-tor, alat musik gondang, kerajinan ukiran, kerajinan tenun ulos merupakan seni yang layak difilmkan. Bahkan kehidupan keseharian masyarakat lokal tak kalah menarik seperti nelayan penangkap ikan di danau, petani bawang, parrengge-rengge (pedagang sayur mayur), suasana parmitu (peminum tuak) di lapo, aktivitas paragat (penderes air nira), keceriaan parmahan (penggembala), ritual menanam padi dan banyak lagi.

Kapan ya ada produser dan sutradara film yang mau melirik danau toba dan tano batak….?

Iklan

6 Replies to “Mungkin (kapan) kah Ada Sebuah Film Berlatar belakang Danau Toba dan Tanah Batak…?”

  1. Horas. Ide na cemerlang do hubereng molo boi difilmhon tao toba i. Boi ma “dibumbui” dohot kisah putra asli songon na di CV ku. Tinggal lului majo antong dalam pajuppang/berkomunikasi dohot sutradara/penulis Laskar Pelangi i kan, siapa tahu cocok, nga ummalo halaki mengembangkan cerita i sude gabe sada film na layak dijual, hurasa kesuksesan ni laskar pelangi, halaki nga berpengalaman ttg meracik film yang layak dijual. Molo serius do, Komandan i pe sangat berbakat do menulis hubereng, siapa tahu boi jadi penulis sekelas Penulis Laskar pelangi i kan. Boha, kerjasama ma hita menghubungi sutradara ni Laskar pelangi, alai sian ahu boi ma dukungan bentuk lain, molo menjalin komunikasi tu sutradara ba Hamuma antong ate..boha?tung na iseng2 pe taho…ide na brilliant do hubereng on, boi aspek pariwisata dan juga dibumbui dohot kisah putra daerah…kan kolaborasi yang menarik utk dijual…

    1. Toho doi. Gabe sukkun2 do di roha boasa dang adong halak na berani mengangkat danau toba ke layar lebar (Film). Pada hal godang do halak batak na berkecimpung di dunia seni na boi mengarang cerita bagus, godang do halak batak namora na boi memodali pembuatan film.

      Selain keindahan danau toba yang sangat2 layak menjadi latar sebuah film, sebenarna godangdo kisah nyata di sekitar danau toba na luar biasa na boi diangkat menjadi film. Alai sappe saonari dang adong dope hubereng na benar-benar diangkat menjadi film besar.

      Memang najolo nungga adong piga-piga film na boi taida saotik danau toba di film i antara lain film Secangkir kopi pahitmambuat latar saotik di Ajibata, sinetron lepas Inang Partilhang, sinetron Pariban dari bandung, adong muse film (Lupa au judulna) na dibintangi Sophan Sophian membuat latar saotik di Hotel Niagara, adong muse film na dibintangi Agus Meilaz mambuat latar saotik di Siuhan-Hotel Patra Jasa, dohot adong manang piga-piga nari. Alai sude na film dohot sinetron i holan saotik do dibuat danau toba manang tano batak sebagai latarna.

      Molo Film Naga Bonar, nang pe mambuat karakter ni halak batak sebagai tokoh utamana alai dang menggambarkan danau toba dohot tano batak.

      Mungkin sementara waktu holan angan-angan dope molo suatu saat adong sada Film naboi mengangkat danau toba. Alai memang na ikkon nimulai do sian angan-angan asa boi suatu saat menjadi kenyataan.

      Alai sabbil marangan-angan hita, boi do ta coba-coba menulis cerita dengan latar danau toba. Tarsongon biografi na ditulismi di blog nungga cukkup i sebagai bahan baku sebuah cerita tinggal manabbai bumbu-bumbu asa lam tumabo. Issarani Arsik tinggal manabbai uram-uramna nama.

      Molo naeng menghubungi seorang sutradara manang produser manag penulis terkenal, sementara ini belum ada akses.

      Selamat mencoba

  2. Tu hamu sude dongan sa tano batak,
    Sejak 2004, saya telah membuat dan merencanakan sebuah produksi film layar lebar dengan berlatarkan danau toba. Namun tidaklah semudah yang kita harapkan, justru hingga detik ini, tidak ada satupun para orang batak yang mau duduk sebagai produser dalam film tersebut.
    Namun itu tidak membuat saya putus asa, di tahun 2009, saya dan Inkara Films kembali mengangkat rencana produksi film tersebut. Jika ada informasi ataupun minat untuk berinvestasi dalam film tersebut, silahkan hubungi :
    0813.7077.5755
    Terima kasih dan Tuhan Memberkati kita semua !

  3. Horas,
    Au pe berniat do naeng mangangkat movie dngn ltr Danau toba, mudah2an ma boe lancar, naeng mambaen film pendek majo perjolo. bru pe annong mengajuhon tu investor halak hita, mudah2an boe diterima. kebetulan muse au di dunia seni 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s