Jika saya memiliki uang Rp 100 Triliun

Jika saya memiliki uang Rp 100 triliun dan hanya boleh saya gunakan untuk kemajuan Sipanganbolon, apa yang akan saya lakukan…?

1. Saya akan membangun jalan bebas hambatan dari Sipanganbolon ke lapangan terbang Sibisa. Lapangan terbang tersebut juga harus dibangun menjadi bandara internasional yang bisa didarati oleh pesawat jenis apapun. Dengan demikian siapapun dan dari manapun bisa dengan mudah datang ke Sipanganbolon.
2. Di Sipanganbolon akan saya bangun fasilitas umum yang tidak hanya memadai tetapi mampu memenuhi dan menunjang kwalitas kehidupan yang tinggi bagi seluruh warga sipanganbolon. Selain itu fasilitas umum itu harus didesain dengan arsitektur etnik modern
• Rumah sakit yang mampu mengobati segala penyakit yang mungkin diderita warga. Rumah sakit ini juga harus mampu memeriksa kesehatan seluruh warga secara berkala, mendidik warga bagaimana caranya hidup sehat dan memberikan informasi-informasi kesehatan terkini kepada seluruh warga.
• Sekolah mulai dari plygroup sampai SMA. Untuk Perguruan tinggi biarlah berada di luar Sipanganbolon karena semua lulusan SMA akan diberikan beasiswa untuk melanjut ke perguruan tinggi terbaik di indonesia dan dunia. Setiap sekolah harus memiliki sarana yang lengkap. Sarana bermain, alat peraga, ruang kelas dan lingkungan sekolah yang ceria untuk playgroup dan TK. Ruang kelas yang bersih dan nyaman, laboratorium IPA, laboratorium bahasa, laboratorium informatika, lapangan olahraga (lapangan bola, basket, voly, badminton, tennis) kolam renang, gimnasium, gedung teater dan musik lengkap dengan peralatannya, perpustakaan yang meyediakan semua jenis buku baik teks dan elektronik, untuk SD sampai SMA. Sekolah harus di ajar oleh guru-guru yang kualified. Secara berkala sekolah harus mengundang praktisi, pengajar, profesor dari tingkat nasional dan internasional untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada siswa. Di setiap sekolah harus ada pisikolog yang selalu memantau keadaan pisikologis semua siswa.
• Kantor kepala desa sebagai pusat pemerintahan harus dirombak total. Bangunannya harus unik dan harus menjadi ikon Sipanganbolon. Kantor tersebut harus mampu mengerjakan seluruh administrasi desa dan warga secara cepat dan tepat. Kantor desa harus memiliki akses ke semua sumber informasi, akses ke semua kantor pemerintah dari camat sampai presiden, akses ke semua organisasi-organisasi dunia, akses keperdagangan dan bisnis. Kantor desa harus memiliki data base warga secara lengkap dan selalu di-update. Pegawai-pegawai kantor desa harus profesional dan pelayan masyarakat sejati.
• Jalan raya yang betul-betul baik harus menjangkau semua rumah penduduk dan tempat-tempat penting yang ada di Sipanganbolon. Semua jalan harus memiliki trotoar dan pinggirnya harus ditanami dengan pohon dan bunga-bunga yang indah.
3. Semua rumah warga harus direnovasi. Harus memenuhi standar kesehatan yang tinggi. Harus memiliki saluran air bersih/minum, jaringan telepon, solar sel sebagai sumber listrik tambahan selain dari PLN, saluran TV berlangganan dan internet. Semua rumah juga harus berarsitektur menarik. Setiap rumah juga harus memiliki satu atau lebih ruangan yang bisa ditinggali wisatawan yang ingin berwisata ke sipanganbolon dan sekitarnya. Diharapkan Sipanganbolon menjadi Desa Wisata dimana wisatawan yang ingin menginap tidak tinggal di hotel melainkan di rumah penduduk yang layak seperti hotel. Jadi nantinya di sipanganbolon tidak perlu ada hotel.
4. Membangun pusat pelatihan pertanian. Pusat ini akan megajari dan melatih patani bagaimana bertani yang baik dan benar. Pusat ini juga harus mengkaji dan mengembangkan jenis-jenis tanaman yang cocok ditanam di sipanganbolon.
5. Membangun pusat kebudayaan. Pusat ini mempelajari, menggali, mengembangkan dan melestarikan segala kebudayaan yang pernah ada di Sipanganbolon dan sekitarnya. Pusat kebudayaan ini harus memiliki unit yang secara husus mempelajari adat batak yang diterapkan di Sipanganbolon dan mensosialisasikannya kepada seluruh warga, sehingga pelaksanaan kegiatan adat menjadi lebih baik, lebih tertib dan benar-benar sesuai dengan adat batak yang sebenarnya tanpa menyalahi aturan agama.
6. Membangun pusat kerajinan. Pusat ini akan megajarkan cara-cara membuat kerajinan kepada warga, baik kerajinan tradisional maupun kerajinan modern. Pusat ini juga mengkaji kerajinan-kerajinan yang pernah ada di sipanganbolon dan juga mempelajari kerajinan-kerajinan yang mungkin diciptakan sesuai dengan potensi yang ada di sipanganbolon.
7. Membentuk kelompok-kelompok usaha masyarakat terutama dibidang pertanian dan pendukung pertanian. Tetapi kelompok usaha lain juga harus dikembangkan seperti, kerajinan, pariwisata, kesenian dll. Kelompok-kelompok usaha ini harus dimiliki dan dikelola oleh warga sendiri dengan bantuan bimbingan dari konsultan yang profesional di bidangnya masing-masing. Sehingga usaha ini harus dikoelola dengan manajemen modern.
8. Memperbaiki seluruh tempat ibadah yang telah ada lengkap dengan segala fasilitas pendukungnya. Semua tempat ibadah harus didesain dengan bentuk bangunan yang unik, berkarakter dan fenomenal. Halaman-halamannya harus ditata menjadi taman-taman yang indah. Harus memiliki unit-unit sosial yang tanggap terhadap keadaan orang-orang di sekitarnya. Semua tempat ibadah membentuk satu forum komunikasi untuk menciptakan saling pengertian, kerjasama, toleransi dan harmonisasi.
9. Memperbaiki daerah alian sungai Naborsahan. Di hulu sungai harus dihutankan kembali sehingga debit sungai bertambah. Limbah tidak boleh dibuang kesungai. Di bagian-bagian sungai yang memungkinkan di bangun tempat-tempat bersantai.
10. Mengatur kembali tataletak dan pemanfaatan tanah sesuai dengan peruntukannya secara proporsional. Areal hutan harus dihutankan kembali dan dipelihara serta dijaga kelestariannya. Areal persawahan harus dikelola kembali dengan cara-cara yang lebih baik. Areal kebun, pemukiman dll dimanfaatkan dan dikelola dengan benar sehingga mampu menghasilkan kesejahteraan maksimal dalam kesetimbangan alam yang terjaga.
11. Membangun taman demokrasi yang asri lengkap dengan pasilitas pendukungnya. Ditempat ini secara berkala warga berkumpul untuk berbicara dan berdiskusi untuk membahas segala sesuatu tentang Sipanganbolon, permasalahan dan solusinya. Di taman ini juga harus disediakan tempat barmain anak-anak, tempat olah raga, tempat pertunjukan kesenian dan tempat melaksanakan acara adat seperti pesta pernikahan. Taman demokrasi ini harus didesain bernuansa etnik tetapi dikemas secara modern.
12. Membangun sebuah pusat promosi yang menampilkan seluruh profil, potensi dan produk baik pertanian, kerajinan, budaya, industri, kesenian dll, sehingga orang lain dapat mengetahui apa saja yang dihasilkan dan apa saja yang ada di Sipanganbolon. Pusat promosi ini harus bekerja sama dengan pusat pusat promosi nasional dan internasional, memiliki website dengan informasi yang lengkap dan selalu diupdate.
13. Merubah ADP menjadi tempat wisata untuk memandang ke ngarai sigala-gala, bukit-bukit yang ada di Sidahapittu, Girsang dan Motung serta memandang Danau Toba yang indah dikejauhan. Tempat wisata ini harus dikelola secara propessional. Tidak boleh ada lagi disana prostitusi dan segala yang berhubungan dengan prostitusi tersebut. ADP harus menjadi pintu gerbang Sipanganbolon yang ramah, berkarakter, bermartabat, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan harus menakjubkan sehingga susah untuk dilupakan orang.

Itulah sebagian kecil yang akan aku lakukan jika aku memiliki uang Rp 100 Triliun
Mimpi kali ya…..? …….huahahahahahaha……………………………
Boleh dong bermimpi.

Mimpi menghasilkan keinginan
Keinginan menghasilkan harapan
Harapan menghasilkan kemauan
Kemauan menghasilkan kerja keras
Kerja keras menghasilkan kenyataan

Selamat bermimpi dan ijinkanlah mimpi itu menjadi kenyataan.

sangMatahari
sipemimpi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s