Pariban

Boru ni tulang bagi seorang laki-laki atau anak ni namboru bagi seorang perempuan adalah sesuatu yang istimewa dalam kekerabatan suku batak. Hubungan ini disebut dengan pariban. Mengapa hubungan pariban menjadi sesuatu yang istimewa? karena menurut adat batak, hubungan inilah yang dibolehkan untuk menikah. Saya pernah baca sebuah buku yang mengatakan bahwa apabila hubungan kekerabatan seorang isteri dengan suaminya semakin dekat, maka peluang anak yang dilahirkan menurunkan sifat2 genetik yang buruk (resesif) akan semakin besar. Dan sebaliknya, bila semakin jauh maka peluang sifat baiklah (dominan) yang lebih besar diturunkan. Jadi menurut ilmu biologi khususnya genetika, sangant tidak dianjurkan orang yang marpariban menikah. Tetapi di lain sisi hubungan pariban memciptakan sebuah keteraturan.

Aturan menikah dengan pariban sekarang tidak lagi menjadi sesuatu yang mutlak, walaupun masih banyak para orang tua mengharapkan anaknya menikah dengan pariban, bahkan ada orang tua yang telah menjodohkan anak mereka sejak kecil. Di kota besar seperti jakarta, budaya tersebut sudah bergeser. Anakmuda batak yang tinggal di kota sudah memiliki banyak pilihan yang lebih menarikdan menggiurkan. Pariban bukan lagi satu-satunya pilihan. Suku lain seperti jawa, sunda, menado menjadi pilihan yang menggiurkan. Jujur… suku-suku tersebut umumnya berparas lebih ayu dari orang batak batak yang katanya wajahnya marsuhi-suhi. Bahkan orang asing atau negara lain menjadi pilihan yang lebih menggoda. Orang eropa, amerika, cina, india bahkan timur tengah benar-benar menggoda pemuda/pemudi batak. Mereka benar-benar luarbiasa baik phisik maupun cara berpikir.

Aku sempat terbuai dengan cara berpikir kebanyakan orang batak kota. Pariban bukan lagi pilihan. Menikah dengan pariban merupakan kemunduran, ketidakbebasan, kebodohan, ketakutan dan lain sebagainya. Aku ingin menjadi orang yang merdeka, maju dan mendunia. Aku melihat suku lain bahkan warga negara lain lebih segala galanya dibanding orang-orang batak. Wajahnya, bodynya, cara berpikirnya, pergaulannya, percaya dirinya, kekayaannya dan semuanya. Merekalebih.

Tetapi tiba-tiba aku sadar dari lamunanku. Hpku berdering….

“Halo….”

“Halo…. Bang..! aku mau menikah. Abang kasi aku kado ya…..!”

Paribanku yang beberapa tahun yang lalu masih mengenakan seragam putih-merah akan menikah. Lamunanku pun buyar dan terbang hilang entah kemana. Seketika aku merasa menjadi orang yang paling tua didunia ini. Aku kembali mengevaluasi pikiran-pikiranku sampaipada satu kesimpulan “Tidakada yang salah dengan hubungan pariban”

Hubungan pariban diciptakan agar manusia itu bermartabat dalam menjalani kehidupan dan dalam proses regenerasi. Hubungan pariban menampung segala hasrat, perasaan, gejolak, emosi dalam etika yang bermoral. Pariban adalah sebuah seni hubungan tingkat tinggi yang sarat makna. Pariban adalah satu dari karya cipta terbesar yang pernah diciptakan manusia. Hargailah, nikmatilah, lestarikanlah dan syukurilah.

Jolo tiniptip sanggar ito

da bahen huru-huruan da

jolo sinukkun marga

asa binoto ito da partuturan da.

Manukkun marga ma au ito

ai boru aha do da inang da

ito parjambulan na ganjang

ai boru aha baru aha do da inang da

Molo na marpariban do dang sala marsipakkulingan da

Molo na mariboto do da lehon au lehon aum arnapuran da

Selamat berbahagia pariban…!

Apakah wajah pariban itu marsuhi-suhi..? Tidak..!!!!!!

mywondwrfulloffice, 30 juni 2008

sangmatahari

4 pemikiran pada “Pariban

  1. Na menikah di tulisan di atas ima si Ana sekitar satu setengah tahun yang lalu dan sekarang sudah punya anak. Tinggal di Sibolga. Dang sadia leleng menyusul ma muse si Duma, saonari tinggal di Simalingkar Medan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s